Rabu, 01 Desember 2010

Konsep baru lapangan futsal

Seiring dengan perkembangan bisnis futsal ditanah air, lapangan futsal mulai muncul di mana-mana bahkan sampai ke pelosok pedesaan juga banyak kita temukan lapangan futsal.

Berbicara mengenai lapangan futsal, terlintas dibenak kita suatu bangunan menyerupai hanggar atau gudang pabrik dengan lapangan rumput di dalamnya.

Memang tidak ada yang salah dalam hal ini, wajar wajar dan sah sah saja.

Tahukan anda apabila anda ingin membangun lapangan futsal, maka dana yang harus anda siapkan hampir sama dengan anda membangun gudang atau pabrik, karena memang seperti itulah kenyataannya, memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam pembangunan lapangan futsal indoor.

Namun semua biaya bisa ditekan sesuai dengan budget yang anda miliki, silahkan anda konsultasikan ke kontraktor anda.

Berangkat dari keinginan penulis sebagai pelaku di bisnis ini, kami mencoba membuat suatu konsep lapangan futsal yang lain daripada yang lain, yang bernilai tinggi tetapi semaksimal mungkin menekan biaya.

Setelah kami pelajari didalam negeri dan diluar negeri, maka penulis memberanikan diri untuk mengembangkan 2 konsep baru dalam pembuatan lapangan futsal, yaitu :

1. Gamaville Indoor Futsal
2. Knock Down System Tent Futsal

Berikut sepintas pembahasan kedua konsep baru tersebut :

1. Gamavile Indoor Futsal
Untuk lebih mudah menangkap konsep kami, mungkin anda bisa melihat gambar dibawah ini :



Dari segi biaya, konsep gamavile indoor futsal ini lebih murah dibandingkan dengan lapangan indoor futsal. Lapangan ini menggunakan bahan Gamaville untuk atapnya, yaitu sejenis kain terpal yang dikenal dengan nama Gamaville.

Atap ini sangat kuat, anti UV, anti Api, anti jamur dan bersifat lentur mengikuti design arsitektur yang kita inginkan.

Biaya untuk pembuatan lapangan futsal jenis ini berkisar Rp. 750.000/m2, misalnya anda ingin membuat lapangan dengan luas 20 x 30 mtr = 600 mtr, maka anda paling tidak menyiapkan dana sebesar Rp. 750.000 x 600 mtr = Rp. 450.000.000 untuk 1 lapangan jenis ini diluar bangunan fasilitas pendukung lainnya.

2. Knock Down System Tent Futsal

Lihat gambar dibawah ini :




Konsep ini adalah konsep tenda futsal, yaitu lapangan indoor futsal dengan menggunakan tenda sebagai bangunannya.

Ada beberapa keuntungan dari jenis tenda futsal ini diantarannya :

1. Knock Down System ( sistem bongkar pasang )
2. Bersifat Movable, mudah dipindah-pindahkan
3. Menggunakan rumput tanpa pasir dan karet

Konsep tenda ini sangat menguntungkan bagi mereka yang belum memiliki tanah, mereka bisa menyewa tanah dan menerapkan tenda futsal ini sehingga kapanpun dikehendaki lapangan ini bisa dibongkar pasang.

Karena bersifat movable dan sewaktu-waktu dibongkar pasang, maka penulis menerapkan rumput jenis baru Premiere Curly M-38, jenis rumput ini tidak memerlukan pasir dan rubber karena sudah didesign sedemikian rupa dengan adanya penambahan rumput serabut dibawahnya sehingga menggantikan fungsi pasir dan rubber.

Adapun biaya yang dibutuhkan untuk lapangan jenis ini terbilang murah, Rp. 450 juta perlapangan termasuk rumput khusus Premiere Curly M-38.

Anda tinggal mempersiapkan lantai cor semen dengan ketinggian 5 cm.

1 komentar: